Radiology : Intern Edition

PREAMBULE

“Ngapain di radio? Like you’re gonna succed tho”

Sepertinya rada susah,meyakinkan orang saat ini,kalau kerja di radio bakal sukses. Karena,jujur aja,when it comes to listening to radio, all you heard is songs and some announcers speaking unnecessary topics. That’s why nowadays radio lacks of intensity. Ya listerner mikirinya,ngapain gue demger orang nyerocos ga penting? Gue udah capek denger orang orang bawel di dunia nyata. Mau denger lagu bisa bikin playlist di Spotify or Joox.
TAPI INI TIDAK BERLAKU DI RADIO TEMPAT GUE MAGANG

Gue magang di salah satu radio lokal di surabaya. Banyak orang nanya ke gue “ngapain jauh-jauh ke surabaya,toh orang pasti maunya ke jakarta”. Sepertinya kalau mindsetnya sudah ke centralized  gitu, mudah sekali  underestimate. Pernyataan itu langsung gue tepis dengan bilang

Cari ilmu tuh ga harus di ibukota aja. Selagi ada kesempatan,cobalah buat ekspansi. Jangan sombong amat mentang-mentang anak ibukota

Yep,gue magang di salah satu radio lokal di surabaya. Namanya Radio Suara Surabaya. Radio yang berjenis MOR FULL SERVICE ini,udah berdiri dari thn 83. MOR itu sebuah jenis radio kayak CHR,AC,nah MOR itu prefernya ke berita sih,jarang bgt berbau kemudaan kayak 2 jenis radio diatad. Tapi ga cuma full berita aja. Ada talkshow interaktif,muterin lagu jadul hingga kekinian. Full service maksudnya mampu memberi pelayanan lebih dgn pendengarnya.semua keluh kesah pendengar,orang di station itu pasti dengerin dan kasih saran. Oh iya motto radio ini tuh

News.interactive.solutif

A. Where I Worked

Langsung aja ya

gue menempuh 10 jam perjalanan dari Gambir ke Pasar Turi bersama ibu. Ibu gue selalu bilang intinya kalau gue di SS ( sebutan suara surabaya ) gonna be lit lah. Ya gue makin bersemangat dong.

Lalu, senin tanggal 26 Desember 2016, hari pertama gue. Pertama kali gue menginjak kantor ini, gue merasa wow. Karena bisa dibilang,kantornya cukup besar untuk ukuran radio lokal. Jujur aja,gue juga sempet neting duluan akan gedungnya. Cat cat nya bernuansa neon. Gedung ini punya 3 lantai,di lantai 1 isinya ruang boss,meeting room,marketing,kantin. Berhubung gue lupa foto2 ruangan lantai 1,semoga foto ini bs represents gambaran lt 1 ya hehe

A.LANTAI 1

Resepsionis. Mbaknya ayu ta huehuhe

Piagam penghargaan,potongan-potongan koran tentang radio ini. Namun ada 1 hal yang bener bener fascinating dan memotivasi gue menekuni bidang ini

Tante Yvonne ini ex reporter dan penyiar. Picture says alot,right? 

Tangga menuju lantai 2

Nah samping tangga ini,ada lukisan lukisan lucu karya anak anak sekolahan. Lucu deh

B.Lantai 2

Ruangan Siaran-Gatekeeper-Newsroom itu nyatu ya. Pembatasnya cuma kaca. Jadi kita semua bisa melihat aktivitas per sub divisi masing masing.

Ruang siaran

Gate keeper

Dan gue ditaro di tempat news room.

Disini dimana contents diproduksi.( ki-ka ada mas budi,mbak ayu,mbak luki, lalu minus mbak andin)

B. What I Did 

Di news room ini, tempat buat produksi berita-berita (iyalah), dan membuat package siaran perhari. Pasti yang terlintas di benak lo, pasti orang orang di divisi ini,bakal serius banget.

DO NOT BE TOO SERIOUS IN MEDIA CUZ YOU WILL GET STRESSED 

Meski gue berada di divisi ini,percaya deh,gue Hampir tiap hari ketawa. Soalnya,ya prinsipnya udh tau kerja di media,informasi banyak, bawa asik aja tapi serius juga. Pokoknya dari mulai gue cuma he doang ketawanya sampe huahauahayahauhaayahahuahaua ketawanya udah gue lewatin.

Gue mencoba mengerahkan kemampuan gue dari ilmu ilmu kuliah gue (karena gue anak broadcast). Turns out? Ga mudah menulis berita dengan kalimat tutur. Pas semester lalu,gue juga belajar menulis berita,tapi jujur aja,gue cuma copas dan percantik kata-katanya. Pas dosen gue bilang kalau “ini tuh masih kalimat cetak” gue beneran ga peduliin. Yang penting kelar.

Nah ini,pas gue udah mengahadapi media audio / audio visual,gue hampir se desperate itu gara-gara ulang lagi ulang lagi. Karena kalimat gue cetak banget Tapi itu yang memacu gue buat mencoba terus nulis. Gue sampe dikasih petuah kayak gini
Coba deh,kamu coba omongin berita mu. Enak ga kalau ngomong?

Ternyara bener,gue bener bener tongue twisted disitu. Mulut gue ampe pegel. Wah ini gue sebenarnya merugi banget,pas semester kemarin udah diingetin dosen,gue cuma heeh aja. Maafkan aku mas mbak dosen.

Gue akhirnya menulis lagi. Pas gue merasa udah tutur banget nih bahasanya,gue nanya ke senior disana. Katanya masih ga jelas angle nya,kurang bervalue,etc.

Gue ga sia sia pergi jauh menempuh 1000 mil,untuk belajar menjadi jurnalis yang sesungguhnya

Lalu karena gue latih terus,lama lama gue bisa.dikit sih.hehe. tapi seengaknya mereka sudah menganggap adanya improvement lah. Fyi, di SS,selektif banget loh buat naikin berita ke udara,dan alhamdulilah beberapa berita gue udah naik ke udara. He he

Nah, di samping ruang news room itu,ada ruangan namanya gatekeeper atau kita bilangnya geka. Buat apasih geka itu? Jadi ruangan ini buat memberitahu announcer,supaya si announcernya bisa meminimalisir kesalahan. Selain itu, di GK juga menampung telfon telfon dari pendengar. Jadi,kalau pendengar menyaksikan kejadian penting, GK nya akan nge compile dulu informasi mana aja yang patut naik di udara (biar meminimalisir HOAX juga,karena radio ini paling anti nyiarin berita hoax). Setelah mendapat approval di GK, maka announcer nya langsung nge udarain info tersebut.

Ketiga ada ruang siaran. Untuk bisa siaran tuh susah banget. Butuh training sekitar 6 bulan. Trainingnya mencakup latihan pernafasan diafragma,latihan tutur kata biar nggak kelibet ngomongnya,lion’s face, dan banyak lagi. Gue pernah dapet materi ini semester lalu,dan itu susahnya parah banget. Mangkanya ga heran,jadi penyiar butuh waktu training lama banget.

(Gue lupa foto lantai 3 nya hehe maaf banget)

Selama gue magang, selain latihan menyusun berita,gue juga siaran,meski cuma 1x dan durasinya 10 menit. Konten siaran gue bisa dilihat di post gue sebelumnya. Untuk membuat konten ini,gue butuh waktu 5 hari buat research and revise

Ternyata nggak mudah loh bikin konten siaran. Meski gue juga udah pernah bikin naskah berita pas kuliah (dan nilai akhirnya mendapat A,he), tapi pas eksekusi irl nya, gue butuh berkali kali ulang.

Ulang

Ulang

Terus mengulang

Mungkin orang kesel kali ya apa apa ulang apa apa ulang. Tapi pas gue disuruh ulang,ini menjadi tantangan bagi gue. Jadi gue tau kemampuan gue sebenarnya. Gue dapet A secara akademis,namun di lapangan,eksekusi gue masih F. Hal-hal kecil dalam teks gue sangat diperhatikan loh seperti

Teks kamu,sudah ada tulisan akan dan  mendatang . Baku ga?

Kenapa pakai kata  telah kalau orang umumnya pakai kata sudah  kalau menyebutkan past tense?

Kalimat tutur! We are on radio. You tell people as if you are story teller! Let their imaginaton run wild! Ga bakal kebayang kan,jika kamu story teller tapi bacanya kayak bacain narasi?

Teks kamu kebanyakan opini. Bukannya seorang jurnalis harus bersifat netral?

Teks kamu kepanjangan! In radio, we are playing against SECONDS. One second does matter! 

Gue kayak bener bener langsung gimana ya. Digebuk abis abisan. Tapi emang ini yang gue mau. Bener bener direct feedback. Mungkin pas gue di kuliah gue ga notis kesalahan gue. Tapi disini? Hem jangankan whole text, 1 alinea aja catatannya ampe tumpah ruah. Bahkan cara gue ngomong aja diperhatiin,kayak gini

Kalau ngomong,mulut bergerak biar vokal

Intonasi jangan lupa,jangan kayak dikejar setan

Last but not least,chill.

Gue tuh ga ngeh kalau setiap gue ngomong,cuma lidah doang yang gerak. Mangkanya orang-orang banyak yang bilang kalau gue ngomong suka ga jelas. Tapi tenang, meski feedback diatas sounds harsh,tapi percayalah,orang-orang di kantor gue kalau ngasih saran itu enak banget. Tidak menjatuhkan tapi membimbing.

Jika lo mau menjadi jurnalis, gue saranin magang disini. Gabakal nyesel lo pergi jauh-jauh kesini. Lo tuh bakal benar benar dibimbing menjadi jurnalis sebenarnya. Hal hal yang ga sempet lo tanya atau ga sempet dijelasin sama dosen, orang-orang disini akan nuntun lo secara cuma cuma dan meminta lo buat praktekin langsung,supaya bisa langsung kasih feedback. Biar lo tau salah lo dimana.

3. Tension in media

Karena ini radio berita, gue harus memerhatikan kata per kata, kalimat per kalimat, dan angle yang gue buat. Selain itu, radio ini memiliki keunikan yang menjadi trademark di radio ini.

  • Di radio ini, wajib hukumnya ber Bahasa Indonesia baik dan benar. Pada awalnya, cukup menyusahkan bagi gue. Harap maklum, I live in millenial era (tuhkan ngomongnya aja udah campur campur). Jadi setiap gue bikin teks, seHARUS mungkin gue harus membuat full teks Bahasa Indonesia. Kecuali kalau istilah berbau internasional ya.
  • Hal penting selanjutnya yaitu News Value. Apakah berita ini bisa mengguggah rasa ingin tahu pendengar, memberi manfaat pada pendengar, penting apa tidak, hal itu tuh harus dipikir baik-baik. Di radio ini, paling anti sama berita gosip dan ga penting. Kalau mau dengetr hal hal kayak gitu, bisa denger di radio tetangga, hehe.
  • ANGLE! SUDUT PANDANG! gue harus puter otak untuk mengutak atik sudut pandang sebuah berita, biar ear catching oleh pendengar.

Lo disini jadi merasakan tense  nya dunia media. Jujur aja,gue sempet merasakan titik jenuh terhadap politik. Mau ga mau,gue harus update apalagi politik indonesia dan dunia lagi bergejolak banget. Membaca berita yang dulunya merasa terpaksa,menjadi terbiasa. Orang-orang disinu juga suka bilang

Apa yang kamu dapat hari ini? 

Nah pas ditanya gitu tuh, gue jadi “melek” lagi tentang permainan politik dunia,apalagi how media frames its content. Jujur pas gue kuliah,gue males banget analisa politik dan media. Lalu pas udah kejadian gini nih, gue jadi termotivasi. Gue tiada hari tanpa membuka wikipedia juga.

Se seru itu lho. Ga cuma ngomongin politik,semua hal yang lagi trend,hal hal random juga diomongin. Dari mulai bervalue sampe less value. Karena prinsipnya,orang media wajib tahu segalanya. Lo bakal ngerasa jadi true journalist meski status lo cuma magang disini.

4.  How I Felt

Selain itu,Surabaya tuh biaya hidupnya juga murah,dan orangnya humble banget. Saking humble nya orang di ss, hampir tidak ada border antara teratas hingga terbawah. Hal yang bikin gue kagum disini yaitu, orang-orang disini saling mengingatkan untuk shalat,bahkan shalat berjamaah bersama. Selain itu,suka ingetin buat makan,bercanda bareng. Gue udah bilang diatas,gue tiap hari ketawa. Ada aja ulahnya.
That’s it for today. Gue sangat merekomendasikan tempat ini, jika lo ingin menjadi seorang Jurnalis handal. People said it’s not only a station, it’s a college. This station has been producing lots of competent journalists and they are all spread all over Indonesia. Even one of successors graduated from BBC.

What could go wrong? Mohon maaf gue emang kurang tahu sistem di station lain. I already put faith in this station and station ini sangat terbuka sekali untuk berbagi ilmu dengan calon-calon jurnalis muda. Like me 🙂

 

That’s it for today. Semoga post gue diatas, bisa merubah mindset lo yang (mungkin) terlalu centralized,  beranggapan kalau semua tuh bisa lo dapet di Ibukota. Coba yuk, selagi muda, yang haus ilmu, haus pengalaman, terbuka sedikit dengan apa yang diproduksi di luar Ibukota. Might be worth it, and valuable 🙂

 

-FIN-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s